Tuesday, September 8, 2015

Hai Semua! Perkenalkan Kontributor Baru RekomendasiJD!

Selamat malam semua pengunjung blog rekomendasiJD. Izinkan saya memperkenalkan diri. Nama saya Fanuel Akwila. Saya adalah praktisi sekaligus pengamat (eh, kalau praktisi udah pasti pengamat ya, hehehe) di pasar modal. Khususnya pasar saham. Khususnya lagi pasar saham Indonesia. Usia saya 21 tahun, terbilang muda untuk ukuran trader maupun investor saham. Tapi, saya bisa jamin ada sangat banyak investor maupun trader seumuran saya dewasa ini. Bahkan sangat banyak. Well, sesuailah ya dengan visi OJK untuk memperbanyak investor di pasar saham kita dari segala kalangan. Hehehe.
Untuk masalah pendidikan, sekarang saya sedang berada di tahun pamungkas berkuliah. Saya mengambil kuliah jurusan Bisnis di Prasetiya Mulya (S1). Ya, saya belum sarjana hehehe. Jadi mohon maaf kalau ada tulisan saya yang kurang tepat. Saya sangat sangat sangat menghargai apabila pembaca sekalian mau meluangkan waktu mencantumkan komentar untuk membangun saya.

Saya mulai berinvestasi pada tahun 2012. Waktu itu dengan jelas saya ingat membeli ASRI di harga 680 dan kemudian harganya naik hingga 1000-an dan saya masih punya barang tersebut. Waktu itu saya hanya punya 1 lot, alias 500 lembar. Maklum, baru belajar jadi gak banyak-banyak dulu hehehe. Sayang, saya tidak menjual ASRI ketika harga menyentuh 1000-an itu. Sekonyong-konyong The FED melakukan tappering off dan secara masif uang kembali ke negara Paman Sam tersebut. Hanguslah floating profit saya dan menjadi floating loss mengingat ASRI terjerembam hingga 450an.

Dari situ, saya vakum cukup lama dari dunia saham. Bukan karena sakit hati, tetapi karena ada kesibukan waktu itu sebagai guru les Fisika, Matematika, Kimia untuk anak SMA (iya,iya emang gak nyambung hehehe). Memang di bangku SMA saya sangat menyukai ketiga pelajaran itu dan cukup berprestasi. Apalagi sampai ikut olimpiade Fisika hehehe. Tetapi, hati berkata lain, singkat cerita masuklah saya di dunia ekonomi.

Saya mulai lagi di akhir 2014. Mengingat lagi saya masih disibukkan dengan ini itu, saya memilih masuk ke reksadana saham. Cukup mengenyam cuan, akhirnya pada Februari 2015 saya terjun 100% ke pasar saham.

Mencurahkan 100% ke pasar saham berarti benar-benar 100%. Dalam artian: tubuh, pikiran, dan waktu. Ya, mirip-mirip orang lagi kasmaran deh, haha. Sebelumnya, keputusan membeli ASRI didasari murni karena saya tahu ada yang namanya Alam Sutera, perumahannya elite, dan harga sahamnya cukup murah buat dibeli dengan berbekal cuma 500ribu kala itu hehehe. Saya tidak tahu teknikal, apalagi rasio-rasio keuangan. Betapa bodohnya saya bukan?

Kebodohan yang berakhir buruk saya bayar lunas ketika masuk pada Februari 2015 itu. Saya beli banyak buku tentang saham. Mempelajari semua analisa, dimulai dari fundamental, kemudian teknikal, lalu bandarmology, dan yang teranyar memperdalam analisa makroekonomi.

Hingga saat ini, saya telah memiliki sistem trading (secara teknikal) yang sangat cocok untuk saya karena dengan sukses memberi saya profit konsisten dari pasar saham. Tentu saja, usaha selama 7 bulan ini diikuti dengan terus melatih kedisiplinan diri. Selain itu, basic saya di sekolah bisnis telah membantu saya dengan sangat baik untuk mengerti mengenai analisa fundamental dan makroekonomi. Walau demikian, analisa bandarmology saya masih belum canggih-canggih amat. Hehehe.

Selain kuliah, kesibukan saya saat ini adalah mengembangkan diri saya sendiri. Saya mulai menulis blog di https://thecapitalmarket.wordpress.com yang kebanyakan berisi hasil observasi dan penelitian saya mengenai beberapa saham atau kondisi perekonomian. Selain itu, saya sedang memulai sebuah komunitas bernama Rumah Saham yang bertujuan untuk memperkenalkan pasar saham ke siswa SMA dan mahasiswa di Indonesia.

Oleh karena itu, saya memberanikan diri untuk mulai berbagi lewat blog Pak JD ini kepada teman-teman sekalian. Namun tetap saja, mengingat rendahnya jam terbang saya relatif kepada Pak JD dan beberapa kontributor lainnya di blog ini, saya sangat menunggu untuk dikomentari. Saya senang dikritik untuk membangun saya.

Selain itu, apabila ada kesempatan silahkan kunjungi blog saya (promosi dikit hehehe). Silahkan mengomentari tulisan saya untuk mengkritik kesalahan-kesalahan saya. Saya sangat terbuka dengan diskusi yang membangun dan dengan senang hati menerima teman-teman sekalian yang ingin berkunjung.

Demikian perkenalan diri saya.

Untuk pos pertama saya akan memulai mengenai investasi. Kemungkinan besar akan saya pos besok hehehe. Terima kasih banyak dan sampai jumpa di pos berikutnya!

Salam Investasi Pemuda Indonesia!

Ditulis oleh: Fanuel Akwila
LINE/Instagram: fanuelakwila
Facebook: Akwila Fanuel
E-mail: akwila.fanuel@gmail.com
Handphone: 087774523385

No comments:

Post a Comment