Tuesday, September 1, 2015

Daftar 9 Perusahaan Yang Akan Melakukan Buy Back

Beberapa perusahaan yang melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) telah berencana untuk membeli kembali (buyback) saham. Aksi korporasi itu akan dilakukan karena harga saham-saham sudah menurun tajam akibat anjloknya IHSG sebesar 24,6 persen dari 5.523, level tertinggi pada April 2015 menjadi 4.163 pada pekan lalu.


Otoritas Jasa Keuangan (OJK) belum lama ini mengeluarkan kebijakan di sektor pasar modal yang  membolehkan emiten membeli kembali saham tanpa melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).
Ketentuan tersebut ditetapkan melalui Surat Edaran OJK 21 Agustus 2015, Nomor 22/SEOJK.04/2015 tentang “Kondisi lain sebagai Kondisi Pasar yang Berfluktuasi Secara Signifikan dalam Pelaksanaan Pembelian Kembali Saham yang Dikeluarkan oleh Emiten atau Perusahaan Publik”.
Adapun, yang dimaksud berfluktuasi jika IHSG selama tiga hari bursa berturut-turut secara kumulatif turun 15 persen atau lebih atau kondisi lain yang ditetapkan OJK

Sehingga, emiten bisa mengeksekusi kebijakan tersebut sesuai Peraturan OJK. Jadi, emiten diperbolehkan melakukan pembelian kembali saham maksimal 20 persen dari modal disetor tanpa persetujuan RUPS, dan tujuh hari bursa setelah pasar berfluktuasi, emiten harus memberi keterbukaan informasi terkait rencana tersebut.

Berikut adalah daftar emiten yang akan dan sudah melakukan buyback

 sumber: www.idx.co.id

No comments:

Post a Comment