Saturday, August 29, 2015

Krisis Keuangan 7 Tahunan


Apa itu Shemitah ?? Shemitah memiliki arti tahun Sabat, dalam 1 pekan umat Israel melakukan 1x Sabat, dalam skala tahunan, Sabat dilakukan pada tahun ketujuh alias Shemita. Lalu apa hubungan Shemitah dengan krisis keuangan dunia ?? Statistik mencatat bahwa krisis ekonomi global selalu terjadi pada tahun Shemitah.
Tahun 2015 adalah tahun Shemitah, menurut kalender Yahudi adalah tahun 5775 (double Sabat) dan ada 4x gerhana bulan darah (tetra)


Sejarah Shemitah
Di kitab suci, Tuhan memerintahkan bangsa Israel untuk beristirahat pada tahun yang ketujuh, tidak ada yang menuai, tidak ada yang menabur. Ketidaktaatan bangsa Israel pada zaman raja Salomo (Sulaiman) membuat bangsa ini diasingkan / diusir ke Babilonia selama 70 tahun. Kondisi ini membuat bangsa Israel tidak berani lagi mengabaikan tahun Shemitah / Sabat tsb.

Efek Shemitah
Statistik mencatat peluang terjadinya krisis ekonomi global setelah Perang Dunia pada bulan September-Oktober (Tishri) ditahun Sabat sebesar 87,5%, sedangkan peluang terjadinya krisis ekonomi global setelah Perang Dunia pada bulan September-Oktober (Tishri) ditahun Sabat dan dimalam Tahun Baru Bangsa Yahudi sebesar 100%.

Jika kita flash back kembali pada September 2001, kita akan melihat kehancuran stock market yang mengerikan.

Pada tgl 17 September 2001 (yaitu 29 Elul pada kalender Yahudi), kita menyaksikan kejatuhan satu hari bursa saham yang terbesar dalam sejarah AS dimana pada waktu itu DowJones jatuh 684 point ,yang merupakan rekor tertinggi yang dipegang selama 7 tahun sampai pada shemitah berikutnya

Pada akhir tahun Shemitah berikutnya di 2008, kejatuhan pasar saham mengerikan lainnya berlangsung, dimana DowJones anjlok 777 point yang pada saat ini masih merupakan kejatuhan bursa saham terbesar sepanjang masa. Dan lagi-lagi ternyata hari tsb tgl 29 September 2008 berhubungan dengan 29 Elul pada kalender Yahudi, dimana bangsa Israel diperintah untuk melepaskan hutang.

Dan sekarang kita kembali berada pada tahun Shemitah, yang akan berakhir pada September nanti, akankah sejarah akan kembali berulang ??
Shemitah tahun ini akan berakhir pada tanggal 13 September 2015 yang mana jatuh pada hari Minggu, dimana bursa saham tutup. Namun jika bicara tentang shemitah kita tidak hanya membicarakan 1 hari tertentu saja.

Gerhana Bulan Darah & Gerhana Matahari Total
 
 Pada tgl 13 September 2015 juga terjadi gerhana matahari total. Hal ini menarik karena sepanjang sejarah abad ini, hanya ada 2 kali gerhana matahari berkorespondensi dengan akhir tahun Shemitah, yaitu pada tahun 1931 dan 1987

Pada tahun 1931, gerhana matahari terjadi pada 12 September - akhir tahun "Shemitah" . Delapan hari kemudian, Inggris meninggalkan standar emas, mengakibatkan market crash dan bank berjatuhan di seluruh dunia. Ini juga tercatat sebagai persentase kejatuhan bulanan terbesar dalam sejarah Wall Street

Pada tahun 1987, terjadi lagi gerhana matahari pada 23 September - dan juga merupakan akhir tahun Shemitah. Kurang dari 30 hari sejarah mengenal "Black Monday" sebagai salah satu persentase crash terbesar sepanjang sejarah Wall Street.

Apa yang akan terjadi pada kali ini ?? saya tidak bisa memastikannya, kita hanya bisa menunggu dan melihat
Tapi tidak dapat diragukan lagi bahwa kita menyaksikan pola yang sama sesaat sebelum krisis keuangan 2008 kini  mulai terjadi pada saat-saat ini di depan mata kita.

Pepatah mengatakan " mereka yang tidak belajar dari sejarah akan celaka ketika hal tsb berulang lagi"
Sebagian pembaca mungkin percaya ada sesuatu dengan "Shemitah" ini, sebagian mungkin hanya menganggap ini kebetulan atau omong kosong belaka. Disini saya hanya menyajikan informasi dan fakta seputar Shemitah, apa yang akan kita lakukan dengan infomasi ini balik ke diri kita masing-masing.

No comments:

Post a Comment