Tuesday, August 18, 2015

Kesempatan Datang






Suatu pengalaman unik sering saya temui setiap kali membahas tentang investasi atau berdagang saham. Para pelaku pasar selalu diliputi rasa takut. Saat harga bergerak naik, mereka takut membeli saham karena khawatir harga belinya kemahalan.
Saat harga bergerak turun, mereka khawatir saat membeli saham harganya akan turun terus dan membuat nilainya semakin rendah sehingga merugi. Mendengar alasan yang dikemukakan seperti itu, tentu kita merasa tidak akan pernah ada waktu yang tepat untuk melakukan eksekusi berinvestasi.

Bagaimana dengan hari ini?


Kita pernah mendengar suatu istilah yang menyatakan ‘Kesempatan tidak akan datang dua kali’. Di bursa saham istilah ini tidak berlaku, karena kesempatan datang berulang kali dengan wujud yang berbeda-beda. Setiap hari akan ada saham yang bergerak naik dan turun. Akan selalu ada saham yang kemahalan dan kemurahan di pasar saham. Ketika harga di pasar bergerak, maka disitulah kesempatan tersedia. Banyak peluang yang dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan.

Salah satu kelemahan para pemula dalam melakukan perdagangan saham adalah hanya melihat peluang, potensi keuntungan dan seringkali melupakan pengelolaan risiko. Jadi ketika suatu peluang lewat di depan mata, akan dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan membeli sebanyak-banyaknya. Lupa akan risiko bahwa selain harga bisa naik, maka bisa juga bergerak turun. Mereka masih memakai prinsip ‘kesempatan hanya datang sekali’ padahal di kemudian hari, bursa saham masih tetap buka. Kesempatan untuk membeli di hari berikutnya masih ada. Jadi berikan kesempatan diri anda untuk berpikir dengan tenang dan objektif. Lakukan analisa dan perhitungan yang matang.

Apakah yang perlu diperhatikan?


1. Pahami bisnis perusahaan yang sahamnya akan dibeli.
Pengenalan lebih baik mengenai peluang yang benar-benar baik dibandingkan dengan peluang dengan risiko yang lebih besar dapat dilakukan ketika anda mengenal perusahaan yang anda beli.

2. Perusahaan mampu menghasilkan keuntungan secara konsisten.
Periksa laporan keuangan perusahaan. Perusahaan yang baik, keuntungannya bertumbuh setiap tahun, dan manajemen perusahaan mampu mengelola bisnis saat terjadi krisis atau mampu melakukan ekspansi dan inovasi sesuai kebutuhan perkembangan perusahaan.

3. Pelajari saja pola pergerakan harga di pasar dengan analisa teknikal. Poin ini tidak wajib anda lakukan. Namun akan cukup membantu untuk mengetahui perkiraan momentum untuk membeli dan menjual. Bagi anda yang tidak ingin dipusingkan dengan berbagai analisa keuangan atau strategi bisnis perusahaan, maka pengetahuan ini akan sangat menolong.


Kesempatan selalu ada dan tersedia bagi mereka yang siap menyambutnya serta menjadikan dirinya layak menerima keberuntungan. Kesempatan datang setiap hari, oleh karena itu jadikan diri anda selalu lebih baik dari hari sebelumnya supaya kesempatan yang semakin besar semakin akrab mendekat.

Follow my Twitter @AriaSantoso

No comments:

Post a Comment