Tuesday, December 24, 2013

Perubahan Lot dan Fraksi Harga pada 2014

Memasuki tahun 2014 ini tepatnya pada tgl 6 Januari 2014 akan ada perubahan dalam jumlah lot dan fraksi harga yang telah ditetapkan oleh otoritas bursa.

Berikut ini rinciannya:
Penjelasan:

Jika sekarang untuk setiap 1 lot bernilai 500 lembar maka nanti per 6 Januari 2014, 1 lot akan bernilai 100 lembar. Hal ini membuat harga beli saham menjadi lebih murah dan terjangkau untuk investor retail 
contoh: Jika sekarang ini untuk membeli 1 lot GGRM (harga:40.000) dibutuhkan uang 20juta, maka nanti hanya dengan uang 4juta sudah bisa memiliki 1 lot GGRM  

Pro Kontra Perubahan Fraksi Harga



Di kalangan trader terutama daily trader ( trader yang melakukan jual beli dalam tempo 1 hari) perubahan fraksi ini sangat ditentang karena akan semakin menyulitkan trader untuk mencari cuan (profit)
Namun sebenarnya perubahan ini tidak semuanya mendatangkan efek negatif. Saya akan coba mengulasnya dari kedua sisi

(+) pergerakan harga akan menjadi lebih aktif dan liquid

(+) secara teknikal, fraksi yang kecil akan lebih memudahkan dalam meletakkan stop loss dan disiplin cut loss, contoh: di saat level stop loss 500 kena, maka kebanyakan trader akan nunggu dulu karena bisa saja harga cuma swing dan kemudian naik lagi ke 505-510, namun harga turun terus ke 495 sampai 490 (fraksi 5) , hingga beban loss pun meningkat, sebaliknya dengan fraksi 1 maka penurunan hanya 1 rupiah per fraksinya hingga tidak terlalu membebani trader secara psikologis dalam melakukan cut loss 

(+) persentase loss menjadi kecil, jika dulu harga turun per 5 point dari 210 ke 205 (2,5%), maka sekarang trader bisa cut loss di 208-209 (0,5 - 1%)

(-) jika dulu trader hanya butuh 1 fraksi untuk bisa cuan dari 200 ke 205, maka sekarang dibutuhkan 5 fraksi kenaikan

(-) ada kemungkinan fraksi yg kecil menyebabkan harga menjadi volatile dan bergerak naik turun secara liar seperti saham gorengan.

Demikianlah sisi positif maupun negatif dari perubahan fraksi harga ini, siap tidak siap kita harus menghadapinya dan menyesuaikan diri dengan perubahan yang ada. Seorang trader harus bisa beradaptasi dalam setiap perubahan.

Jika anda masih gamang dalam menyongsong perubahan yang terjadi ,silahkan bergabung dengan JD Premium 2014, kami siap mendampingi anda.

Salam Cuan,

JD 

No comments:

Post a Comment