Saturday, November 23, 2013

Kemana Arah IHSG hingga akhir tahun ??

Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Desember, yang berarti tahun 2013 akan segera berakhir, pertanyaannya adalah di level berapakah IHSG akan ditutup akhir tahun ini ?
Jika kita review perjalanan IHSG sepanjang tahun ini, setelah mencapai kenaikan yang 'luar biasa' pada awal tahun hingga mencapai rekor tertinggi 5150, IHSG terus merosot hingga saat ini di 4300an, atau terkoreksi hampir 15% lebih !!!


Sementara itu data net buy asing yang sempat mencapai 12-15 Triliun, sekarang malah posisi menjadi net sell, sementara itu BI rate meningkat dari 5% menjadi 7,5% dalam tempo 3 bulan, kurs rupiah melemah dari 9000 ke 11700 (bahkan sempat menyentuh 12000)!!
Hal ini diperparah lagi oleh defisit neraca transaksi berjalan, pelemahan GDP, serta isu global tentang tapering (pengurangan stimulus) AS, membuat IHSG semakin tertekan dan sulit untuk bangkit.


Melihat kondisi diatas, maka 'target' wajar IHSG hingga akhir tahun berada di kisaran 4500-4600, maximal di 4800
Namun yang terpenting dari semua itu bukanlah menebak berapa angka IHSG tapi yang lebih penting adalah pemilihan saham yang akan kita ambil untuk memberikan keuntungan. Walau IHSG mencapai 4800 tapi jika kita salah dalam memilih saham tidak ada artinya, demikian jika IHSG menuju 4200 namun kita bisa memilih saham yang tepat maka keuntungan pun akan tetap bisa diraih walau IHSG performanya tidak bagus.

Untuk akhir tahun ini, saham berbasis cpo dan mining cukup menarik untuk dikoleksi, apalagi ditunjang dengan melemahnya rupiah, produk berbasis eksport akan meningkatkan laba penjualan. Beberapa saham lapis 2 dan 3 juga ada yang cukup menarik untuk dicermati.

Untuk mendapatkan panduan dan rekomendasi saham harian agar trading anda lebih maksimal silahkan bergabung di JD Premium ataupun menjadi nasabah PT. Jasa Utama Capital cab. Padang.

Salam Cuan,

JD


No comments:

Post a Comment